Breaking

SOLUSI SEDERHANA MENANGANI MASALAH KEUANGAN DENGAN SISTEM EKONOMI ISLAM

 

SOLUSI SEDERHANA MENANGANI MASALAH KEUANGAN,  SISTEM EKONOMI ISLAM,  Riba, Hukum Riba, Bunga bank riba, bunga pinjaman riba Etika Transaksi, Bank
Menangani Masalah Keungan Dengan Sistem Ekonomi Islam


Salam hangat kawan-kawan. Senang bisa menyapa kembali. Kali ini kita coba bahas tentang masalah keuangan. Karena belakangan ini banyak banget postingan di media sosial terkait mereka yang menghadapi masalah keuangan. Jadi kayanya masalah keuangan atau Krisis keuangan ini bisa dibilang fenomena yang lagi rame.   Dan kondisi ini sebetulnya bisa sampai mempengaruhi stabilitas ekonomi suatu negara lho. kalau untuk individu, ya sudah dipastikan ngaruh banget. Nah, dalam menghadapi krisis keuangan seperti ini, sistem ekonomi Islami menawarkan solusi yang didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi yang adil, transparan, dan pastinya berkelanjutan. Jadi kali ini, kita akan bahas bagaimana Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam . Kita akan pakai pendekatan Islami yang bisa membantu menangani krisis keuangan dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.


Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu pengertian Krisis Keuangan itu apa sih sebetulnya.  Krisis keuangan biasanya terjadi akibat gangguan serius dalam sistem keuangan suatu negara atau individu seseorang. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor ekonomi. Seperti resesi, inflasi yang tinggi, atau ketidakseimbangan dalam neraca pembayaran. Sederhananya uang yang harus dikeluarkan lebih besar daripada uang yang masuk ke kas kita. Maka sudah pasti akan terjadi masalah keuangan.


Nah dari situ kita bisa tau apa itu krisis atau masalah keuangan. Dan kita juga tau apa yang menjadi sebabnya secara garis besar. Dan sebetulnya sistem ekonomi Islam sudah memberikan pencegahan dini untuk itu semua. Yaitu mengajak umatnya menghindari riba (bunga), praktik bisnis spekulasi, dan menghindari praktik transaksi yang tidak adil dalam sistem keuangan. Seperti apa detailnya Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam. Yu kita lanjutkan bahas point-point penting di bawah ini.

 

 

1. Menghindari Pratik Transaksi Riba (Bunga)

 

SOLUSI SEDERHANA MENANGANI MASALAH KEUANGAN,  SISTEM EKONOMI ISLAM,  Riba, Hukum Riba, Bunga bank riba, bunga pinjaman riba Etika Transaksi, Bank
Hindari Praktik Riba

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebetulnya Islam sudah melakukan pencegahan dini terhadap potensi terjadinya krisis masalah keuangan. Yaitu Islam sudah melarang umatnya melakukan praktik transaksi riba. Bahkan dengan tegas Islam mengharamkan Riba.  Untuk temen-temen yang belum memahami pengertian riba secara menyuluruh, bisa membacanya pada artikel MEMAHAMI HUKUMRIBA DAN MACAM-MACAMNYA. Di sini bisa kita lihat sistem ekonomi Islam menekankan pentingnya menghindari riba dalam semua transaksi keuangan. Islam memandang riba sebagai penyebab utama terjadinya krisis masalah keuangan. Karena di dalamnya terdapat bunga yang tinggi dapat membebani pihak yang berhutang. Apalagi biasanya dalam transaksi riba dipastikan ada banyak jenis bunga di dalamnya. Dan tidak pernah dijelaskan oleh pemberi kredit di awal. biasanya akan diketahui oleh penghutang setelah terjadi masalah keterlamabatan pembayaran. Sangat licik, karena begitu memang karakter pelaku riba.


Kondisi ini dipastikan akan memperburuk ketimpangan ekonomi. Karena orang yang sedang mengalami krisis masalah keuangan akan ditekan habis-habisan agar menyelesaikan tunggakannya. Yang berakibat semakin tidak produktifnya dalam bekerja. Bahkan sampai kehabisan harta benda yang sudah dimiliki hanya untuk menutup tunggakan riba, yang sebetulnya bukan hutang dirinya. Lalu bagaimana Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam. Untuk yang sudah terlanjur terjebak dalam riba bisa membaca panduan bebas hutang riba dalam tulisan CARA MUDAH LUNAS HUTANG RIBA.


Lalu bagaimana Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam, tapi tapa melibatkan riba? Islam menganjurkan adanya alternatif yang adil dan berkelanjutan, seperti pembiayaan berbasis bagi hasil (profit-sharing) dan pembiayaan murabahah (jual beli dengan markup). Nanti in syaa Alloh akan dibahas secara lebih detail untuk pembahasan ini.

 

2. Mempopulerkan Etika Transaksi

 

SOLUSI SEDERHANA MENANGANI MASALAH KEUANGAN,  SISTEM EKONOMI ISLAM,  Riba, Hukum Riba, Bunga bank riba, bunga pinjaman riba Etika Transaksi, Bank
Etika dalam Transaksi Ekonomi Islam

Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam yang kedua adalah mempopulerkan. Sistem ekonomi yang Islami selalu menekankan pentingnya etika dalam transaksi keuangan. Dimana setaip transaksi yang dilakukan harus memehuhi beberapa prinsip. Prinsip-prinsip yang seuai dengan kaidah sistem ekonomi itu seperti kejujuran, transparansi, dan asas saling menguntungkan dalam setiap transaksi yang dilakukan. Semua itu menjadi hal yang sangat ditekankan dalam siste ekonomi Islam. Maka saat terjadi krisis masalah keuangan, prinsip ini dapat membantu membangun kepercayaan antarpihak dan mengurangi spekulasi yang berlebihan. Kemudian akan terbangun komunikasi yang positif dan solutif diantara pihak-pihak yang terkait. Yang berimbas pada cepatnnya terselesaikannya krisis keuangan yang sedang terjadi.

 

3. Melakukan Investasi Produktif

 

SOLUSI SEDERHANA MENANGANI MASALAH KEUANGAN,  SISTEM EKONOMI ISLAM,  Riba, Hukum Riba, Bunga bank riba, bunga pinjaman riba Etika Transaksi, Bank
Investasi Produktif

Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam yang ketiga adalah dengan melakukan investasi porduktif. Sistem ekonomi Islam akan selalu mendorong investasi yang produktif dan berkelanjutan. Karena dengan Investasi yang produktif dipastikan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. Jika ketersediaan lapangan kerja lebih mudah akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Baik pertembuhan daerahnya maupun individu. Dan sudah pasti juga akan mengurangi ketergantungan pada sektor keuangan. Maksudnya sudah dipastikan akan terjadi kemandrian keuangan. Jika terjadi krisis masalah keuangan, maka investasi yang produktif dapat menjadi pendorong pemulihan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan. Apa saja contoh investasi produktif bisa dibaca pada tulisan yang berjudul PRINSIP MENAJEMEN KEUANGAN ISLAM MENCETAK ANAK MUDA YANG SUKSES.

 

4. Membangun Lembaga Keuangan Islami

SOLUSI SEDERHANA MENANGANI MASALAH KEUANGAN,  SISTEM EKONOMI ISLAM,  Riba, Hukum Riba, Bunga bank riba, bunga pinjaman riba Etika Transaksi, Bank
Lembaga Keuangan Islam

Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam yang keempat adalah dengan membangun Lembaga Keuangan Islami. Wah, kayanya pasti sulit. Pasti kita akan berpikir seperti itu. Jika membangunya langsung dalam skala besar tentu akan sulit. Apalagi dengan segala keterbatasan yang kita miliki saat ini. Maka solusinya kita bangun bersama lembaga keuangan Islam dalam skala yang paling kecil. Misalkan dalam keluarga, antar tetangga, antar teman dekat, atau antar lingkungan tinggal dan jemaah pengajian.


Karena sebetulnya sistem ekonomi Islami mendorong pendirian lembaga keuangan yang berbasis prinsip syariah. Lembaga keuangan Islam yang dimaksudkan ini  seperti baitul mal. Dimana lembaga ini mengelola zakat, infaq, shodaqoh, hibah dan lainnya. Yang dalam menjalankannya mengikuti prinsip-prinsip ekonomi Islami yang melarang riba dan praktik spekulasi. Lembaga yang kita bangun ini sangat bisa membantu mengurangi risiko krisis masalah keuangan. Tentunya dengan menerapkan prinsip-prinsip yang lebih berhati-hati dan adil dalam kegiatan operasionalnya. Bagaimana sistem dan pengoprasiannya? In syaa Alloh akan saya bahas secara khusus dalam tulisan tersendiri.

 

5. Menjalankan Sistem Zakat, infaq dan Sadaqah

 

SOLUSI SEDERHANA MENANGANI MASALAH KEUANGAN,  SISTEM EKONOMI ISLAM,  Riba, Hukum Riba, Bunga bank riba, bunga pinjaman riba Etika Transaksi, Bank
Sistem Ekonomi Zakat Infaq Shodaqoh

Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan dengan Sistem Ekonomi Islam yang kelima adalah dengan menjanlakan sistem zakat, infaq dan shodaqoh. Dalam sitem ekonomi Islam penerapan sistem zakat, infaq dan sadaqah sebetulnya lebih luas dari apa yang kita ketahui. Karena zakat adalah kewajiban bagi umat muslim yang memiliki kelebihan harta. Tujuannya untuk diberikan sebagian hartanya kepada yang berhak menerima. Begitu juga dengan infaq dan sadaqah adalah bentuk sumbangan sukarela yang diberikan untuk kepentingan masyarakat.


Melalui penerapan sistem ekonomi islam ini, dapat menjadi Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan yang terjadi di umat Islam. Karena uang zakat, infaq dan shodaqoh yang didistribusikan secara tepat sasaran akan menjadi solusi dalam menaikan daya beli masyarakat. Dengan uang itu, bisa dibelanjakan sebagai bentuk pemenuhan hajat hidupnya. Kegiatan ekonomi rakyat bawah akan bergeliat dan hidup. Jika itu terjadi sudah dipastikan secara perlahan akan membantu mengurangi kesenjangan sosial. Yang belakangan ini terjadi ketimpangan dengan jurang yang sangat dalam. Semua itu akibat dari sistem ekonomi yang jauh dari sistem ekonmi Islam. Dampak lebih besarnya lagi dipastikan akan meningkatnya laju pemerataan ekonomi umat Islam. Bukankah hal itu sangat sederhana?

 

Simpulnya dalam menangani krisis masalah keuangan. Sistem ekonomi Islam menawarkan solusi yang sederhana dan sangat mudah dipahami. Krisis masalah keuangan akan terselasaikan dengan menghindari riba, menjalankan etika transaksi Islami, melakukan investasi produktif, membangun lembaga keuangan Islami, serta menjalankan sistem zakat, infaq dan sadaqah.  Sistem-sistem ekonmi islam ini dipastikan dapat membantu menciptakan kondisi ekonomi yang lebih adil, berkelanjutan, dan produktif. Rasanya sangat penting bagi setiap individu masyarakat, dan pemerintah untuk memahami dan penjalankan sistem ekonomi Islami ini dalam kehidupan sehari-hari.  Sehingga nantinya bisa menjadi Solusi Sederhana Menangani Masalah Keuangan. Serta dapat mengurangi risiko terjadinya krisis keuangan dan membangun iklim ekonomi yang lebih stabil.

No comments:

Post a Comment

Hikmah dalam kata akan terkenang sepanjang massa. Sertakan Komentar Anda. (Perkataan yang Tidak Sopan Tidak Akan Ditampilkan)