Breaking

INILAH ANCAMAN ALLOH UNTUK PARA PELAKU RIBA! MENGERIKAN!

Dalam realita kehidupan manusia kegiatan muamalah ada beragam macam. Ada jual beli, infaq, zakat shodaqoh, hibah, gadai, pinjam meminjam, hutang, samsaroh atau makelar dan masih banyak. Dan semua itu ternyata sudah tercover oleh Islam hukumnya. Ada yang halal atau boleh dilakukan. Ada juga yang haram dilakukan. Dan dari yang banyak itu ternyata hukum yang diperbolehkan itu banyak sekali. Tapi yang diharamkan hanya sedikit. Tapi anehnya pada pratik di lapangan, orang-orang lebih banyak memilih yang haram ini. Misalkan saja Riba!

Hukum Riba, Dosa Riba, Ancaman Alloh Kepada Riba, Jenis Riba, Pengertian Riba, Riba penyebab bencana, Riba Dosa Besar, Riba Dosa Zina, Riba Dilaknat
Ilustrasi Riba Membuat Harta Habis


Dalam hukum Islam, riba jelas sudah dijatuhi vonis haram. Dan sama sekali tidak ada pertentangan masalah hukum ini. Karena keharaman Ini langsung merujuk pada keterangan Alquran :

وَاَحَلَّ اللّٰهُ الۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰوا 

"Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba." (Al Baqarah: 275).

Kalimatnya pun jelas tanpa kiasan. ALLOH TELAH HARAMKAN RIBA. Jadi sebetulnya tidak ada celah lagi untuk melegalkan Riba menjadi halal. Tapi anehnya umat Islam pada akhir zaman ini seperti tidak mempan dengan kalimat Alloh ini. Seakan tidak pengaruh apa-apa perkataan Alloh yang mengharamkan riba. Karena pada kenyataannya praktik riba begitu banyak, dan tersebar luas dimana. Seakan tidak ada sejengkal pun kehidupan umat Islam sekarang yang terbebas dari riba. Parahnya lagi. Umat Islam saat ini seakan bangga dengan praktik riba yang mereka lakukan. Ataukah karena mereka tidak tahu ancaman Alloh untuk pelaku riba?

Inilah beberapa ancaman mengerikan dari Alloh dan rosulnya untuk para pelaku riba.

1.     Alloh Memerangi Para Pelaku Riba

Hukum Riba, Dosa Riba, Ancaman Alloh Kepada Riba, Jenis Riba, Pengertian Riba, Riba penyebab bencana, Riba Dosa Besar, Riba Dosa Zina, Riba Dilaknat
Ilustrasi : Alloh Nyatakan Perang Kepada Pelaku Riba


Secara terang-terangan Allloh menyatakan akan selalu memerangi para pelaku riba. Artinya mereka akan menjadi musuh Alloh yang sejajar dengan syetan dan iblis sampai akhir zaman nanti. Tentunya jika mereka tidak taubat dan meniggalkan riba. Keterangan ini berdasarkan dalil Surat Al Baqoroh ayat 278-279 :

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَذَرُوۡا مَا بَقِىَ مِنَ الرِّبٰٓوا اِنۡ كُنۡتُمۡ مُّؤۡمِنِيۡنَ‏ ٢٧٨  فَاِنۡ لَّمۡ تَفۡعَلُوۡا فَاۡذَنُوۡا بِحَرۡبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوۡلِهٖ​ۚ وَاِنۡ تُبۡتُمۡ فَلَـكُمۡ رُءُوۡسُ اَمۡوَالِكُمۡ​ۚ لَا تَظۡلِمُوۡنَ وَلَا تُظۡلَمُوۡنَ‏  ٢٧٩

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang beriman. Jika kamu tidak melaksanakannya, maka umumkanlah perang dari Allah dan Rasul-Nya. Tetapi jika kamu bertobat, maka kamu berhak atas pokok hartamu. Kamu tidak berbuat zhalim (merugikan) dan tidak dizhalimi (dirugikan).

Sudah siapkah terus-terusan diperangi Alloh? Atau kita sebaiknya memilih taubat?


2.       Sepanjang Hidupnya Ada Dalam LAKNAT ALLOH

Laknat itu adalah lawan dari kata rahmat. Maka orang yang melakukan pratik ribawi akan jauh dari rahmat dan kasihsayang Alloh. Akan dibenci oleh Alloh. Dan ditolak semua kebaikannya karena sudah mendapatkan LAKNAT ALLOH. Keterangan ini berdasarkan perkataan Nabi Muhammad Saw dalam hadits shohinya :


حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالُوا حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا  وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

Dalam salah satu hadis Rasulullah salallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Dari Jabir Ra. ia berkata: “Rasulullah salallahu ‘alaihi wassalam telah melaknat orang-orang yang memakan riba, orang yang menjadi wakilnya (orang yang memberi makan hasil riba), orang yang menuliskan, orang yang menyaksikannya, (dan selanjutnya), Nabi bersabda, mereka itu semua sama saja.” (HR. Muslim No 89)


3.     Pelaku Riba Dikelompokan Kedalam Pelaku 7 Dosa Besar

Selain musyrik, membunuh dan zinah. Pelaku Riba juga masuk dalam kelompok dasa yang teramat besar. Dosa yang bukan kaleng-kaleng. Sekali ngelakuin langsung dosanya segambreng. Maka Riba termasuk dosa yang tidak terampuni jika terbawa mati. Inilah dasar dalilnya :

 الرِّبَا، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ ‏"‏‏

"Jauhi tujuh hal yang membinasakan! Para sahabat berkata, "Wahai, Rasulullah! apakah itu? Beliau bersabda, "Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah tanpa haq, memakan harta riba, memakan harta anak yatim, lari dari medan perang dan menuduh wanita beriman yang Ialai berzina" (HR. Muttafaq 'alaih).


4.     Dosa Pelaku Riba Lebih Berat Dari Zina Sebanyak 36 Enam Kali


Hukum Riba, Dosa Riba, Ancaman Alloh Kepada Riba, Jenis Riba, Pengertian Riba, Riba penyebab bencana, Riba Dosa Besar, Riba Dosa Zina, Riba Dilaknat
Riba Lebih Hina dari Zina


Jika kita memandang pelaur itu hina dan menjijikan. Padahal versi Alloh dan Rosulnya pelaku riba itu jauh lebih menjijikan dari para pelaku zina yang keji dan hina itu. Bahkan komparasi perbandingannya tidak tanggung-tanggung. Satu kali riba setara dengan berzina 36 kali.  Dan Zina nya dengan ibu sendiri pula. Berikut adalah ketarnagan dalilnya :

إن الدرهم يصيبه الرجل من الربا أعظم عند اللهفي الخطيئة من ست وثلاثين زنية يزيها الرجل 

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA bahwa Nabi bersabda: "Sesungguhnya satu dirham yang didapatkan seorang Iaki-laki dari hasil riba Iebih besar dosanya di sisi Allah daripada berzina 36 kali."  (HR Ibnu Abi Dunya).

5.       Pelaku Riba Menyebabkan Didatangkannya Banyak Azab.


Belakangan ini banyak terjadi bencana dan kehancuran dimana-dimana. Kadang kita hanya menyalahkan alam. Menyalahkan ini sudah kehendak Alloh. Menyalahkan pemerintah yang salah mengelola lokasi benca tersebut. Padahal boleh jadi azab itub datang dikearenakan terlalu banyaknya pelaku riba yang hidup di wilayah tersebut. Karena pelaku riba secara syah dan meyakinkan dinyatakn oleh Alloh dan rosulnya sebagai penyebab datanganya azab berupa bencana.

“Apabila perbuatan zina dan riba sudah terang-terangan di suatu negeri, maka penduduk negeri itu telah rela terhadap datangnya adzab Allah untuk diri mereka,“ (HR. Hakim).

 

6.     Palaku Riba Adalah Penyebab Suatu Negri Menjadi Miskin Dan Susah.


Kawan-kawan, coba kita renungkan negara kita Indonesia ini. Subur makmur lho jenawi. Rimbun Asri dan berlimpah kekayaannya di darat udara dan lautan. Sumber daya alam melimpah ruah. Tanahnya subur. Lautnya kaya, udaranya sehat. Tapi mengapa negri ini tidak mampu memberikan kehidupan yang makmur untuk rakyatnya. Logikanya dengan semua yang kita miliki. Seluruh rakyat indonesia tidak ada lagi yang susah makan, susah sekolah ataupun dalam garis kemiskinan akut. Nyatanya dengan kekayaan kita malah membuat warga kita semakin sengsara. nIni boleh jadi karena sistem ekonomi pemeritah yang membiayai negri ini dengan pratek riba. Dan bisa jadi juga karena RAKYATNYA BEGITU GEMAR DENGAN PERBUATAN DOSA RIBA. Jadi entah yang mana sebabnya. Yang pasti negri ini menjadi miskin dan susah, biang keroknya adalah pelaku riba. Netah pelaku yang mana hanya Alloh yang tahu. Berikut keterangan Riba menyebabkan kemiskinan dan hidup susah.

مَا مِنْ قَوْمٍ يَظْهَرُ فِيهِمْ الرِّبَا إِلَّا أُخِذُوا بِالسَّنَةِ وَمَا مِنْ قَوْمٍ يَظْهَرُ فِيهِمْ الرُّشَا إِلَّا أُخِذُوا بِالرُّعْبِ

 “Tidaklah riba merajalela pada suatu kaum kecuali akan ditimpa paceklik. Dan tidaklah budaya suap merajalela pada suatu kaum kecuali akan ditimpakan kepada mereka ketakutan.” (HR.Ahmad).

Jadi begitulah ancaman-ancaman mengerikan Alloh dan Rpsulnya untuk para pelaku riba. Sungguh sangat mengerikan jika direnungkan. Dan keterangan ayat Alquran dan hadits di atas, sungguh tidak akan berpengaruh apa-apa bagi yang sudah keras dan mati hatinya. Na’udzubillah. Semoga Alloh lindungi kita semua dari perbuatan dosa dan maksiat termasuk dosa riba.

No comments:

Post a Comment

Hikmah dalam kata akan terkenang sepanjang massa. Sertakan Komentar Anda. (Perkataan yang Tidak Sopan Tidak Akan Ditampilkan)