Breaking

SESUNGGUHNYA SURGA ITU UNTUK MEREKA YANG BERBUAT DOSA



Bismillah...

Kabar gembira ini datang untuk kita yang begitu gemar dengan maksiat dan dosa-dosa dalam kesaharian kita.

Dosa dan maksiat sepertinya sudah menjadi menu wajib dalam kehidupan manusia di akhir zaman ini. Mari kita cermati dan renungi diri kita dan lingkungan di sekitar kita. Begitu nampaknya dosa dan maksiat sudah mengjangkiti dan melengkapi semua aspek kehidupan kita. Atau bahkan kita terjebak dan dipaksa oleh keadaanan lingkungan kita untuk melakukan dosa. Dan hebatnya kita pun  ikut menikmatinya.

Dosa apa saja? Aspek mana saja? Di rumah kita akrab dengan dosa dan maksiat. Tontontonan kita membuat mata kita berjinah dengan aurat-aurat yang bisa saja mendatangkan laknat. Pergaulan dengan keluaga, kita sering keliru dalam berakhlak, begitu juga dengan tetangga, kita belum bisa menjadi tetangga yang baik yang seperti rasul contohkan. Bahkan dengan anak istri kita, dosa lisan kita, dosa sikap kita. Dosa kita yang tidak bisa mendidik mereka dengan pendidikan ALQuran dan sunnag. Di jalan, di tempat kerja, di pasar, dalam bisnis dan muamalah kita. Bahkan sampai di masjid pun kita bisa menyaksikan banyaknya dosa dan maksiat. Dan itu terjadi di depan kita. Atau bahkan kita pelakunya. Allohu Akbar, karna saking banyaknya. Kita sampai sulit memulai untuk menyebut satu persatu-persatu.

ilustrasi tersesat dalam dosa | sumber google

Tapi bukan hal itu yang terpenting saat ini. Karena dosa sebuah yang niscaya. Ini sudah menjadi ketetapan yang mutlak. Ketetapan yang tidak akan bisa kita lawan. Semua manusia pasti akan melakukannya. Seperti Rasul pernah berpesan kepada kita tentang sebuah dosa dalam sebuah riwayat hadits yang marfu :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : " كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ " .

Dari Anas Radhiallohu ‘anhu : Sesungguhnya Rasululloh Saw telah mengatakan : Tiap-tiap dari anak Adam pasti pernah melakukan dosa, dan sebaik-baiknya orang yang berbuat dosa adalah mereka yang bertaubat.”

Tak ada gading yang tak retak, Al insaanu pasti akan mengalami alfa dalam dosa. Tapi jangan berkecil hati Alloh pasti akan mengampuni jika manusia itu bertaubat. Tentu dengan taubat yang sesuai dengan standar Alloh. Dan standar taubat di sisi Alloh jika kita cermati bersama sangatlah mudah dan tidak macam-macam syarat dan ketentuannya. Hanya dua ketentuan dasar untuk taubat yang Alloh inginkan. Seperti yang sudah Alloh kabarkan kepada kita dalam kalamnnya surat An-nisa ayat 17 :

إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِنْ قَرِيبٍ

Sesungguhnya taubat yang diterima di sisi Alloh hanyalah bagi mereka yang melakukan kejahatan (dosa) Karena kebodohannya (ketidak tahuannya), kemudian dia bertaubat dengan segera.

Jelas sudah untuk kita jika taubat itu hanya ada syarat dan tidak ada yang berat.

1.       Melakukan dosa karena kebodohan kita yang tidak paham akan kedudukan hukumnya dalam Islam.
2.       Melalukan pertaubatan meninggalkan perbuatan maksiat itu detik itu juga saat kita paham bahwa apa yang kita lakukan itu keliru. Dan menyalahi konsensus aturan Alloh Jalla jalaaluh.

Dan begitu mahabaiknya Alloh kepada hambanya yang ingin bertaubat. Tidak memberikan syarat yang berat. Tidak lagi mengingat-ngingat dan mengungkit-ngungkit kesalahan hambanya. Serta puncak dari segala kebaikan Alloh adalah diberikan surga dengan tunai kepada mereka yang meninggalkan dosa dan maksiat dengan surga. Percaya kah? Berikut bukti keterangannya :

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kepada ampunan dari Rabb Kalian (Alloh) dan surga yang luasnya, seluas langit-langit dan bumi yang disedikan untuk orang-orang yang betaqwa. (QS Annisa : 133)

Masyya Alloh, dengan sebuah dosa bisa membuat seorang hamba dibayar dengan surga yang sangat luas jika ia mau bertaubat.

Maka janganlah kita berkecil hati dengan apa yang sudah kita lakukan dengan segala dosa-dosa kita. Karena surga disediakan untuk mereka para pendosa juga. Pendosa yang kembali dan bertaubat dengan segera dengan segenap pengharapan kepada Alloh. Bukan mereka pendosa yang sombong dengan dosa-dosanya di hadapan Alloh.

Marilah kita tempuh bersama jalan pertaubatan karena surga telah menanti kita.


No comments:

Post a Comment

Hikmah dalam kata akan terkenang sepanjang massa. Sertakan Komentar Anda. (Perkataan yang Tidak Sopan Tidak Akan Ditampilkan)