Beliau
adalah Al-‘Allamah Al-Mujaddid Al-Imam Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdul
Wahhab bin Sulaiman bin ‘Ali bin Musyaraf Al-Wuhaibi dari Bani Hanzhalah bin
Malik At-Tamimi rahimahullah. Lahir di ‘Uyainah pada tahun 1115 H. Nama kunyah
beliau adalah Abul ‘Ali atau juga ada yang berpendapat bahwa nama kunyah beliau
adalah Abu ‘Abdillah atau Abul Husain.
Beliau
rahimahullah tumbuh di bawah atap keluarga yang memiliki segudang keutamaan.
Kedua orang tua beliau merupakan orang-orang yang mulia. Ayah beliau adalah
Asy-Syaikh ‘Abdul Wahhab bin Sulaiman (wafat 1153 H) termasuk di antara deretan
para ‘ulama yang masyhur ketika itu, sekaligus menjabat sebagai Qodhi ‘Uyainah.
Sedangkan kakek beliau Asy-Syaikh Sulaiman (wafat 1079 H) terkenal sebagai ahli
fiqih dan fatawa. Begitu juga paman beliau Asy-Syaikh Ibrahim rahimahullah.
Adapun ibunda beliau adalah putri dari Asy-Syaikh Muhammad bin Azzaz
rahimahullah.
ilustrasi |
Telah tampak
di masa kecilnya kekuatan hafalan dan kecerdasan. Beliau
rahimahullah telah menghafal Al Qur’an pada usianya yang masih sangat dini,
yakni belum menginjak 10 tahun. Pada saat itu pula beliau rahimahullah telah
sibuk dengan menelaah beberapa kitab dalam bidang hadits dan ucapan-ucapan para
‘ulama. Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala telah melapangkan dada beliau untuk
mengetahui dengan benar hakikat tauhid sekaligus pengamalannya dan mengetahui
pula lawan darinya yaitu syirik, yang mana pada zaman itu syirik telah menyebar
di berbagai penjuru negeri. Mulailah beliau rahimahullah menyingsingkan lengan
baju untuk berdakwah di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala, menyeru kepada tauhid
dan mengubur sedalam-dalamnya syirik dan bid’ah-bid’ah. Segala pujian hanyalah
bagi-Nya. Melalui dakwah beliau Allah Subhanahu wa Ta’ala menghidupkan
hati-hati yang telah dibunuh oleh Iblis dengan kesyirikan dan kebid’ahan,
membuka kembali mata-mata yang telah dibutakan oleh hawa nafsu dan kemaksiatan,
memunculkan kembali cahaya tauhid yang sinarnya begitu hangat menembus setiap
kalbu yang terpilih, yang sebelumnya cahaya tersebut terhalangi dan tertutupi
oleh awan-awan kejahilan.
Allah
Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَاللَّهُ
مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ
“Dan Allah
yang akan menyempurnakan cahaya-Nya walaupun orang-orang kafir membencinya.”
(QS. ash-Shaff : 8)
Rihlah
Beliau rahimahullah dalam Menuntut Ilmu Betapa indahnya apa yang diucapkan oleh
seorang penyair:
وَكُلُّ
خَيْرٍ فِيْ اتِّبَاعِ مَنْ سَلَفَ وَكُلُّ شَرٍّ فِيْ ابْتِدَاعِ مَنْ خَلَفَ
Dan seluruh
kebaikan pada mengikuti salaf dan seluruh kejelekan pada bid’ah orang-orang
khalaf di antara kebaikan yang diwariskan oleh para ulama salaf yang wajib diikuti
adalah rihlah (melakukan perjalanan) untuk menuntut ilmu syar’i, karena dengan
ilmu syar’i-lah akan kokoh dan semakin sempurna tauhid dan iman seorang hamba.
Allah
Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
فَاعْلَمْ
أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ
“Maka
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada yang berhak diibadahi selain Allah.”
(Muhammad 19)
Berdalil
dengan ayat di atas, Al-Imam Al-Kabir Al Muhaddits Abu ‘Abdillah Muhammad bin
‘Ismail Al-Bukhari Rahimahullah berkata:
الْعِلْمِ
قَبْلَ الْقَوْلِ وَ الْعَمَلِ
“Berilmu
terlebih dahulu sebelum berkata dan berbuat”.
Maka
mulailah beliau (Muhammad bin ‘Abdil Wahhab) rahimahullah menuntut ilmu dari
para masyaikh yang ada di negeri beliau.
GURU-GURU
BELIAU
Guru
pertamanya adalah ayahahanda beliau sendiri, Asy Syaikh ‘Abdul Wahhab
rahimahullah. Kemudian beliau rahimahullah melakukan rihlah ke Hijaz (Makkah
dan Madinah), Bashrah, Ahsa’ dan beberapa negeri yang padanya hidup para
pewaris Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Di antara guru-guru beliau :
Asy-Syaikh
Abdullah bin Ibrahim bin Saif.
Asy-Syaikh
Muhammad Hayat As-Sindi.
Asy-Syaikh
Muhammad Al-Bashri.
Asy-Syaikh
‘Abdul Lathif Al-Afalaqi Al-Ahsa’i.
Dan masih
banyak lagi.
MURID-MURID
BELIAU.
Seorang yang
terkumpul padanya begitu banyak keutamaan dan mempelajari ilmu dari para ulama
pewaris para nabi, sangat pantas sekali untuk didatangi oleh para penuntut ilmu
guna mempelajari darinya bagaimana akhlak seorang ulama. Di samping dalam
rangka untuk belajar ilmu-ilmu yang telah dipelajari.
Maka
berdatanglah secara silih berganti para penuntut ilmu kepada Asy-Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Mereka mengetahui betapa tinggi nan
mulia kedudukan yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada beliau rahimahullah.
Akan tetapi semua itu tidaklah menjadikan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab
takabbur lagi sombong, bahkan beliau rahimahullah masyhur dengan
kelemah-lembutannya kepada orang-orang yang berada di dekat beliau dan betapa
tawadlu’nya beliau kepada para penuntut ilmu, orang-orang yang ingin bertanya
padanya dan orang-orang yang memiliki hajat kepadanya.
Berikut ini
adalah sebagian murid-murid beliau:
Al-Imam
Al-Mujahid ‘Abdul ‘Aziz bin Muhammad bin Su’ud.
Al-Amir Su’ud
bin ‘Abdul Aziz bin Muhammad.
Putra-putra
beliau; Husain, Abdullah, Ali dan Ibrahim yang mereka semuanya adalah para
ulama.
Cucu beliau,
Asy-Syaikh Sulaiman bin ‘Abdillah bin Muhammad bin ‘Abdil Wahhab, penulis kitab
Taisiril ‘Azizil Hamid.
Cucu beliau,
Asy Syaikh ‘Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin ‘Abdul Wahhab penulis kitab
Fathul Majid dan Qurrotu ‘Uyunil Muwahhidin.
Asy-Syaikh
Ahmad bin Nashir bin ‘Utsman bin Mu’amar.
Asy-Syaikh
‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah Al Hushain.
Asy-Syaikh Hammad
bin Nashir bin Mu’ammar.
Asy-Syaikh
Husain bin Ghan’am.
KARYA TULIS
BELIAU
Kitabut
Tauhid
Kasyfusy
Syubhat fit Tauhid
Tsalatsatul
Ushul wa Adillatuha
Ushulul Iman
Tafsirul
Fatihah, dan masih sangat banyak lagi karya-karya lainnya.
WAFAT BELIAU
Rahimahullah
Sungguh di
antara musibah terbesar yang menimpa umat ini, pada akhir bulan Dzulqa’dah
tahun 1206 H adalah dengan diwafatkannya Al-Imam Syaikhul Islam Muhmammad bin
‘Abdul Wahhab rahimahullah, dalam usia kurang lebih 92 tahun. Beliau
rahimahullah menghabiskan umur tersebut dalam ketaatan, baik itu dalam hal
ilmu, jihad dan dakwah. Beliau rahimahullah dimakamkan di pekuburan Dir’iyyah.
Semoga rahmat Allah ‘Azza wa Jalla senantiasa tercurah kepada beliau, dan meninggikan
derajatnya di sisi-Nya.
AQIDAH
BELIAU Rahimahullah
Di antara
nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang di berikan kepada beliau adalah
dilapangkannya hati beliau untuk berada di atas aqidah yang suci lagi murni,
aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Aqidah yang bersumber dari Al Qur’an dan As
Sunnah di atas pemahaman As-Salafu ash-Shalih. Itulah Islam yang hakiki, yang
diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kepada para shahabatnya
yang mulia. Agama yang akan terus pasti dijaga oleh Rabbul’alamin.
Bukan Islam
yang dipahami oleh kaum Khawarij, Syi’ah, Qadariyyah dan yang semisal mereka,
bukan pula yang hanya sekedar pengakuan belaka tanpa arti bagaimana yang
terjadi pada kaum munafik, bukan pula yang masyhur diistilahkan dengan “Islam
KTP”.
Allah
Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
ذَلِكَ
فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللهُ ذُوْ الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ
“Yang
demikian itu adalah keutamaan dari Allah yang diberikan kepada yang Dia
kehendaki. Dan Allah Maha Memiliki segala keutamaan dan Keagungan” (Al Jumu’ah
4)
Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab rahimahullah berkata: “Aku bersaksi
kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan siapa saja yang hadir dari para malaikat,
dan juga aku bersaksi kepada kalian; bahwasannya aku benar-benar beraqidah
dengan aqidahnya Al-Firqatun Najiyyah, Ahlusunnah wal Jama’ah.” Di lain
kesempatan beliau rahimahullah berkata: “Aku khabarkan kepada kalian
bahwasannya aku –dan segala pujian hanyalah bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala–
adalah seorang yang mengikuti saja ( yakni mengikuti sunnah Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan jalan para salafush shalih),
Bukan
seorang yang mengadakan hal-hal yang baru (bid’ah) dalam agama. Aqidahku dan
agamaku yang aku beragama kepada Allah Ta’ala dengannya adalah madzhab
Ahlussunnah wal Jama’ah”.
Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab rahimahullah berkata pula:
“Alhamdulillah, Aku bukanlah seorang yang menyeru dan mengajak manusia kepada madzhab seorang sufi atau seorang ahli fiqih tertentu atau seorang ahli kalam (filsafat) atau seorang imam yang diagungkan oleh pengikutnya – hanyalah aku menyeru dan mengajak untuk kembali kepada Allah saja tiada sedikit dan sekecil apapun sekutu bagi-Nya, dan juga (aku mengajak) kepada sunnah (jalan hidup) yang telah diwariskan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.” Begitullah ikrar Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab rahimahullah. Sungguh apa yang beliau ucapkan sangat sesuai dengan apa yang beliau amalkan.
Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab rahimahullah berkata pula:
“Alhamdulillah, Aku bukanlah seorang yang menyeru dan mengajak manusia kepada madzhab seorang sufi atau seorang ahli fiqih tertentu atau seorang ahli kalam (filsafat) atau seorang imam yang diagungkan oleh pengikutnya – hanyalah aku menyeru dan mengajak untuk kembali kepada Allah saja tiada sedikit dan sekecil apapun sekutu bagi-Nya, dan juga (aku mengajak) kepada sunnah (jalan hidup) yang telah diwariskan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.” Begitullah ikrar Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab rahimahullah. Sungguh apa yang beliau ucapkan sangat sesuai dengan apa yang beliau amalkan.
Maka amat
sangat naif sekali jika terlontar tuduhan bahwa beliau dan orang-orang yang
bersama beliau dianggap sebagai penganut aliran, sekte, atau madzhab baru dalam
Islam, atau madzhab ke-5 dalam Islam. Mereka juga menyematkan gelar “Wahhabi”,
mereka mengatakan bahwa kaum “Wahhabi” adalah antek-antek Inggris, atau sekutu
Inggris. Mereka juga menuduh bahwa kaum “Wahhabi” memberontak terhadap Daulah
Utsmaniyyah.
Kaum
“Wahhabi” mereka anggap telah menghinakan siar-syiar Islam,
dan sekian banyak tuduhan tak bertanggung jawab lainnya yang sengaja dilontarkan oleh tokoh-tokoh tarekat shufiyah atau syi’ah Rafidhah yang “kegerahan” dan resah dengan keberadaan dakwah Tauhid yang ditegakkan oleh Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab!
dan sekian banyak tuduhan tak bertanggung jawab lainnya yang sengaja dilontarkan oleh tokoh-tokoh tarekat shufiyah atau syi’ah Rafidhah yang “kegerahan” dan resah dengan keberadaan dakwah Tauhid yang ditegakkan oleh Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab!
Karena
sejatinya Isue Wahabi hanyalah sebuah agenda besar dari musuh-musuh Islam yang
ingin melenyapkan tauhid dari muka bumi ini. Maka siapa saja yang beramar ma’ruf
dan nahyu munkar akan didiskreditkan dengan namawa “wahabi”. Hanya karena Muhammad
bin Abdil Wahhab begitu teguh dengan tauhidnya. Begitu keras memerangi segala
kemusyrikan an kemaksiatan. Sebagaimana mana para ulama terdahulu yang tidak
pernah berkomfromi dengan segala bentuk kemaksiatan
PUJIAN PARA
ULAMA:
Beliau
bukanlah seorang yang suka atau mengharap pujian dari manusia, akan tetapi
inilah kabar gembira yang disegerakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada
siapa yang Dia kehendaki.
Ibnu Badran
rahimahullah berkata dalam memuji Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab :
“Al-‘Alim Al-Atsari, Al-Imam Al-Kabir Muhammmad bin ‘Abdul Wahhab rahimahullah, seorang yang telah menempuh perjalanan jauh (rihlah) untuk menuntut ilmu, yang telah memperoleh ijazah dari para ahlul hadits pada zaman beliau dengan berbagai kitab hadits dan selainnya. Dan tatkala keilmuan beliau rahimahullah tentang atsar dan ilmu as-Sunnah telah matang dan telah mahir dalam madzhab Imam Ahmad, beliau mulai membela Al-Haq, memerangi bid’ah dan menentang/melawan segala hal baru yang dimasukan oleh orang-orang bodoh kedalam agama ini.”
“Al-‘Alim Al-Atsari, Al-Imam Al-Kabir Muhammmad bin ‘Abdul Wahhab rahimahullah, seorang yang telah menempuh perjalanan jauh (rihlah) untuk menuntut ilmu, yang telah memperoleh ijazah dari para ahlul hadits pada zaman beliau dengan berbagai kitab hadits dan selainnya. Dan tatkala keilmuan beliau rahimahullah tentang atsar dan ilmu as-Sunnah telah matang dan telah mahir dalam madzhab Imam Ahmad, beliau mulai membela Al-Haq, memerangi bid’ah dan menentang/melawan segala hal baru yang dimasukan oleh orang-orang bodoh kedalam agama ini.”
Al-‘Allamah
Al-Imam Muhammad bin ‘Ali Asy-Syaukani (penulis kitab Nailul Authar) berkata
dalam bait-bait syairnya:
“Sungguh benar-benar telah terbit cahaya di Nejed dengan kemilaunya. Kedudukan tinggi Al Huda telah kokoh berdiri di atas dalil-dalilnya”
“Sungguh benar-benar telah terbit cahaya di Nejed dengan kemilaunya. Kedudukan tinggi Al Huda telah kokoh berdiri di atas dalil-dalilnya”
Begitu pula
para ulama yang sejaman dengan beliau telah memberikan berbagai pujian dan
sanjungan kepada beliau dan apa yang beliau bawa, seperti Al-‘Allamah Al-Imam
Al-Amir Ash-Shan’ani (penulis kitab Subulus Salam Syarah Bulughul Maram),
kemudian seorang ulama dari Ahsa’ Asy-Syaikh Husain Bin Ghunnam dan masih
terlalu banyak para ulama lainnya yang memberikan pujian dan sanjungan kepada
beliau.
Tidak ada
yang mengetahui jumlah mereka kecuali hanya Allah Ta’ala. Bahkan lawan-lawan
beliau pun memberikan kesaksian bahwa beliau adalah seorang tokoh besar yang
melakukan perbaikan (Al-Mushlih Al-Akbar).
Di samping
beliau sibuk dengan dakwah untuk mengembalikan manusia ke dalam cahaya Tauhid
yang terang benderang dari gelap gulitanya kesyirikan, dan berjihad dalam
menghancurkan para pembela syubhat dan para pengusung bendera kebathilan.Beliau
juga seorang yang zuhud dan ahli ibadah, sekaligus ahli ilmi yang banyak
memberikan sumbangsihnya kepada Islam dan kaum muslimin, terkhusus para
penuntut ilmu, berupa pengajaran tentang Kitabullah dan sunnah Rasululllah
Shallallahu wa Sallam.
Beliau terus
melanjutkan dakwahnya dengan berbagai metode. Mulai dari mengajar dan
menjelaskan ilmu, menulis buku, memberi nasihat dan peringatan, amar ma’ruf dan
nahi mungkar serta mengirim surat-surat kepada negeri-negeri di sekeliling
beliau. Pemerintah masa itu memberikan pertolongan dan dukungan kepada dakwah
beliau, bahkan merealisasikan ucapan-ucapan beliau.
Sehingga
berdirilah Daulah Islam Negara Kerajaan Saudi ‘Arabia dengan Al-Imam Muhammad
bin Su’ud Rahimahullah sebagai Raja pertamanya.
Negara ini
adalah negara yang sah secara syar’i, wilayah Dir’iyyah pada saat itu bukanlah
termasuk wilayah kekuasaan Daulah ‘Utsmaniyyah. Maka Negara Saudi ‘Arabia ini
pun tampil pula menegakkan Dakwah Tauhid, sebagai wujud melanjutkan dakwah para
nabi dan rasul.
Namun
terjadi berbagai penetangan dakwah yang dilakukan oleh negeri-negeri sekitar,
mereka berusaha menghalangi dakwah tauhid, menutup jalan-jalan penyebaran
dakwah. Mereka
memusuhi tauhid dan Negara tauhid. Sehingga setelah tegak dan jelas hujjah atas
mereka, tatkala penentangan terhadap tauhid terus semakin gencar, maka terpaksa
upaya jihad fii sabilillah pun digulirkan.
Tak
terelakkan, terjadilah sekian banyak pertempuran antara pasukan pembela
kebenaran dengan pasukan pembela kebatilan (kesyirikan). Keputusan Allah Ta’ala
pasti, bahwa kemenangan akan senantiasa berpihak kepada pembela kebenaran.
Allah Subhanahu wa Ta’ala menolong dakwah tauhid. Maka tersebarlah dakwah
tauhid, pasukan pembela tauhid berhasil menguasai berbagai negeri.
Hingga
akhirnya benar-benar tegaklah daulah tauhid (pemerintahan yang berlandaskan ajaran
tauhid) di Jazirah Arab. Pupus sudahlah permusuhan dan perlawanan para pembela
kesyirikan, bid’ah, dan khurafat. Dari sini, muncullah para ulama yang menyeru
kepada ajaran tauhid. Mereka tersebar di berbagai negeri. Karya-karya beliau
yang mengandung berbagai upaya perbaikan terhadap umat tersebar dan “menjamur”
di tengah-tengah umat.
Sebaliknya,
padam dan sirnalah musuh-musuh tauhid. Hangus dan usanglah perlawanan mereka.
Sebagaimana
firman Allah Ta’ala : “Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak
ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di
bumi.”
Namun sekali
lagi dakwah tauhid yang penuh barakah ini banyak mendapat pertentangan.
Terutama orang-orang yang membela kesyirikan karena mereka mendapatkan untung
dengan lestarinya kesyirikan dan kebodohan di tengah-tengah umat. Baik mereka
dari kalangan tokoh-tokoh tarekat Shufiyyah, Syiah-Rafidhah atau kaum
pergerakan.
BUAH DAKWAH
TAUHID YANG DITEGAKKAN OLEH SYAIKHUL ISLAM MUHAMMAD BIN ‘ABDIL WAHHAB
Rahimahullah
Di antara
buah dakwah mubarakah ini :
1.
Tersebarnya ‘aqidah salafiyah, tegaknya Tauhid, hidupnya sunnah, matinya
syirik, bid’ah, dan khurafat, dan tumbuhnya antusias untuk kembali kepada
ajaran Al-Kitab dan As-Sunnah.
2. Tegaknya
berbagai pergerakan ilmiah, bermunculannya para ulama dan menjamurnya
perpustakaaan- perpustakaaan yang berisi kitab-kitab ilmu.
3. Tegaknya
Daulah Islamiyah Kerajaan Saudi ‘Arabia, yang bersumber hukum Al-Kitab dan
As-Sunnah. Menegakkan dakwah tauhid, sebagai ladang percontohan bagi kaum
muslimin di seluruh penjuru negeri di bidang keamanan.
4. Meluasnya
pengaruh positif dari dakwah ini, berupa penerangan dan penjelasan kepada kaum
muslimin kepada jalan kebenaran bagi negeri-negeri sekeliling. Bahkan mereka
menjadikannya sebagai contoh dan teladan.
5. Timbulnya
semangat pembaharuan dan jihad menegakkan tauhid dan memberantas berbagai
kesyirikan, kebid’ahan, khurafat, pengkultasan akal, dan lainnya yang banyak
dipelihara dan ditumbuhsuburkan oleh tokoh-tokoh sufi atau syi’ah rafidhah,
atau para pengikut mu’tazilah di banyak negeri.
6. Timbulnya
semangat berjihad melawan penjajahan barat di alam Islami. Yang selama ini semangat
jihad tersebut mati akibat ajaran-ajaran sesat kaum sufi, syi’ah rafidhah, dan
lainnya.
7.
Tersebarnya berbagai kitab-kitab salaf, mulai dari proses pencetakan hingga
pembagiannya ketika musim haji.
8.
Berdirinya berbagai lembaga dan pusat dakwah Islam.
Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
“Sesungguhnya
barang siapa di antara kalian yang hidup sepeninggalku nanti maka ia akan
melihat perselisihan yang banyak. Oleh karena itu wajib bagi kalian untuk
berpegang teguh dengan sunnahku, dan sunnah Al Khulafa’ Ar Rasyidin yang
terbimbing, berpeganglah erat-erat dengannya dan gigitlah ia dengan gigi-gigi
geraham…”
(Shahih, HR
Abu Dawud, At Tirmidzi, Ad Darimi, Ibnu Majah dan lainnya dari sahabat Al
‘Irbadh bin Sariyah. Lihat Irwa’ul Ghalil, hadits no. 2455).
No comments:
Post a Comment
Hikmah dalam kata akan terkenang sepanjang massa. Sertakan Komentar Anda. (Perkataan yang Tidak Sopan Tidak Akan Ditampilkan)