Breaking

ABU HAFS AL KUWAITI (HAMAD AS SULAIMAIMAN)

Aku tinggalkan kalian dengan cucuruan air mataku yang berderai………
Aku tnggalkan kalian, padahal kalian adalah penyejuk mataku…….

Aku Hafs Al Kuwaiti…. Hamad As Sulaiman. Berasal dari Negara Kuawit, dari negeri yang muia bagi kita.
Abu Muadz Al Kuwaiti, Abu Abdurrohman Al Kuwaiti… dan selain mereka dari pada pahlawan yang dating dari negeri Kuwait.
Tidak seperti kebiasaanku dalam menyampaikan cerita-cerita para syuhada, maka akan mulai menceritakan kisah lelaki agung ini.
Kulit belia coklat dan hati belia putih bersih, tubuh belia ramping, kokoh dalam membela al-haq. Engkau akan saksikan mukanya terdapat guratan kesedihan, aku mengenalnya ketika berada di bumu Bosnia Herzegovina, dan waktu di Afghanistan aku belum mengenal beliau.
Sebelum menyebutkan tentang kiprahnya di kancah jihad maka kami mulai menyebtkan biografi kehidupan beliau.

Beliau anak pertengahan diantara saudara-saudaranya, beliau lahir dari keluarga baik-baik, bapaknya seorang yang shalih, bapaknya telah mengiringi dan mendidiknya untuk menjauhi kehidupan dunia. Dikarenakan sakit maka akhirnya bapaknya meninggal di rumah sakit Al mania di Saudi dan beliau ridho dengan anak lelaki ini.
Abu hafs menyelesaikan kuliahnya di sebuah universitas di Amerika dan belia mengambil jurusan spesialis komputuer. Semua saudara-saudaranya sekolah di Amerika. Akan tetapi kuliah beliau belumah selesai dan beliau sudah bergabung dengan para mujahidin di Afghanistan dan dating ke sana pada tahun 1988, menuju daerah Jojy yang sanyat terkenal dalam sejarah. Sampai Alloh mengeluarkan Rusia dari negeri itu kemudian beliau keluar lai ke Kuawit ketika terjadi perang Irak. Seusai perang Irak terjadilah tragedy Bosnia Herzegovina dan belia termasuk orang yang datang terdahulu ke bumi Bosnia yang penuh berkah itu.
Beliau pergi kesana dengan salah salah seorang temannya dari kuawit juga melalui sebuah yayasan. Mereka memepunyai misi dalam dakwah dan mereka ikut serta saudar-saudara mereka dalam peperangan kapan saja ada kesempatan datang. Beliau dan seorang temannya menetap dalam salah satu posko di Bosnia yang disana terdapat kegiatan-kegiatan orang rafidhoh syi’ah yang sangat kuat yang dating dari Iran. Keduanya (Abu Hafs dan temannya) mengadakan kegiatan-kegiatan hingga terusirlah mereka orang-orang syi’ah itu. Setelah beliau kembali ke Kuwait untuk menyelesaikan amanah beliau di yayaysan khoiriyah ini dan menitipkan keluarganya lalu kembali lagi ke bumi Bosnia dan bergabung dengan para muahidin di daerah Kasilia di Tuzla.
Beliau seperti seorang ibu yang penyayang bagi para mujahidien dan beliau sangat lihai dalam berbahasa inggris, begitu juga bahasa bosnia dengan logat fasih. Beliau menjadi Da’i di daerah itu dan menjadi pengajar disana. Jika beliau sedang menjadi da’i beliau seperti singa yang keras terhadap orang-orang kafir Serbia. Karena beliau ingin merealisasikan firman Alloh azza wa jalla :
“Bersikap keras kepada orang kafir dan berkasih sayang diantara mereka(orang-orang beriman) …..(QS.Alfath :29)
Beliau bersama-sama mujahidin disana dan beliau terjun dalam kancah peperangan. Tampak darinya sifat-sifat pemberani an selalu mendahulukan kepentingan saudara-saudarnya dan mendahulukan mereka di depan.
Alloh telah memuliakan aku bisa masuk bersama beliau pada peperangan di (badar) peperangan pertama di Bosnia (pada saat di shooting di kaset Vidio). Ku saksikan beliau adalah seorang pemberani dan selalu berada di garis depan dalam medan jihad. Amaliayat pada saat itu berada pada sebuah daerah yang besar yang mencakup 25 desa. Daerah tersebut disebut dengan Fuzutisya. Kami menyerbu Serbia bersama datannya fajar dan menghantam mereka denga pukulan yang sangat kuat. Peperangan selesai dengan gemilang seperti biasa dengan izin Alloh. Dan ketika kami menyerbu mereka ternyata Abu Hafs sedang menghadapi mereka. Beliau melawan salah seorang tntara Serbia setelah melukainya dan memotong lehernya beliau memebawanya dan mengangkat kepalanya seraya tersenyum dengan karomah yang Alloh berikan kepada beliau.
Alloh telah memberikan karomah kepada beliau dengan membunuh banyak babi-babi Serbia dan kami berada di belakangnya menyaksikan keberanian beliau. Kami berlindung dari kerasnya goncangan dan kami mengaguminya karena beliau selalu menyerbu dan menyerang mereka.
Telah habislah medan perang di Bosnia dan berakhirlah perang disana, maka ketika itu beliau linglung seperti orang yang kehilangan potensi. Aku melihat beliau dan matanya berkaca-kaca berwarna merah, dan wajahnya kelihatan murung dan sedih sampai aku menyangka bahwa keluarga beliaw telah mati semua.
Beliau berkata kepadaku :”Wahai Abu fulan! Peperangan telah usai dan para syuhada telah pergi menuju jannah dan kita tinggal dengan dosa-dosa kita di dunia”. Aku mencoba menghibur dan membahagiakan beliau, akan tetapi kesedihan itu tidak hilan dari beliau bahkan beliau tak mau kembali lagi ke Kuwait. Sebelum beliau peri ke Chesnya pada saat terjadi peperangan pertama sampai di pembatasan dan belia ditawan disana dan beliau tinggal disana beberapa bulan samapai Alloh bebaskan beliau, kemudian beliau kembali lagi ke Bosnia dan tinggal di Bosnia. Di Bosnia beliau menikah dengan seorang wanita sholihah asli Bosnia dan ber-ribat disana.
Setelah beberapa masa menikah, beliau pulang ke Kuwait. Pada saat di Kuwait beliau ditawai IBM untuk dikontrak namun beliau menolaknya padahal beliau akan digaji seribu dinar. Aku tanyakan kepada beliau mengapa tawaran itu ditolak? Beliau menjawab” Aku tidak ingin terikat dengan suatu janji dengan siapa pun, karena akuingin setiapa ada seruan untuk berjihad aku pergi ke medan jiad tersebut dengan tidak mempunyai janji dan ikatan.
Peperangan Chesnya kedua dimulai, beliau mencoba berkali-kali untuk bisa masuk kesana. Akan tetapi Alloh belum mengijinkan beliau untuk sampai disana. Beliau sering kali mengunjungiku, beliau sangat merasakan kesedihan dalam hidupnya seakan-akan hilag potensinya. Amerika memulai membuat ulah dengan mengempur Afghanistan, setelah itu beliau menghubungi ku dan berkata :”Wahai Hamad! Alloh mnitipkan sesuatu padamu yang tidak akan hilang titipan-Nya itu”. Aku balas bertanya :”kemana engkau hendak pergi berjihad?” Beliau menjawab : “Ke Afghanistan untuk menolong saudara-saudaraku disana”. Wahai Hamad aku sudah bosan hidup, aku ingin mencari syahadah”. Beliau selalu mengulang-ulang perkatannya sehingga hatiku merasakan kegundahan juga. Lalu aku katakana kepada dengan bergurau : “Engkau selalu mengatakan seperti itu lalu engkau kembali lagi kepada kami”. Beliau tertawa dan aku pun tertawa juga. Aku dan dia menangis dalam kesdihan dengan tinggal diamnya disini.
Akhirnya beliau pun pergi ke Afghanistan…… di malam ‘ied, Alloh menjadikan malam itu hari ‘ied beliau-kembali-kepada Allohmendapat syahadah. Beliau terbunuh di gungung Torabora dan pada saat itu beliau sedang menanti saat-saat terbuka.

3 comments:

  1. ceritanya bagus,,,
    meski ada salah pengetikan
    tapi tetep bisa kebaca,,,

    ReplyDelete
  2. Anonymous03 July, 2010

    subhanalloh..T_T

    ReplyDelete
  3. ALhamdulillah atas komentarnya T_T

    ReplyDelete

Hikmah dalam kata akan terkenang sepanjang massa. Sertakan Komentar Anda. (Perkataan yang Tidak Sopan Tidak Akan Ditampilkan)